Bidikmisi Untuk Program Profesi, rencana atau nyata ?

Semarang -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyatakan program beasiswa Bidikmisi untuk mahasiswa perguruan tinggi pada 2014 akan diperluas mencakup program pendidikan profesi.
"Ada yang baru dalam Bidikmisi. Tahun depan akan dialokasikan hingga program profesi," kata Mendikbud di selah-selah sarasehan dengan mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Semarang (Unnes) di Semarang, Sabtu (30/3).
M. Nuh mencontohkan, mahasiswa lulusan fakultas kedokteran tentunya membutuhkan kelanjutan pendidikan program profesi untuk menjadi seorang dokter. Untuk itu, pendidikan profesi mereka juga akan difasilitasi dengan beasiswa Bidik misi, terutama bagi mahasiswa dari keluarga yang tidak mampu.
"Lulusan fakultas kedokteran, kan gelarnya S.ked. Belum boleh nyuntik, perlu melanjutkan program profesi dokter. Program profesi seperti inilah yang nantinya juga dialokasikan beasiswa Bidikmisi," kata M. Nuh.
Demikian pula dengan lulusan fakultas pendidikan yang menjadi calon guru, kata dia, tidak bisa mengajar sebelum mengikuti sertifikasi dan program profesi guru sehingga akan difasilitasi Bidikmisi.
Bidikmisi merupakan salah satu program afirmatif yang tertuang dalam Undang-Undang Pendidikan Tinggi. Dengan demikian, nantinya tidak lagi tergantung menteri atau siapa pun karena sudah menjadi amanat perundangan.
Nuh mengatakan, tahun ini dialokasikan sebanyak 50 ribu beasiswa Bidikmisi untuk angkatan baru. “Mudah-mudahan dengan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) perubahan, alokasinya bisa ditambah," katanya.
Dengan ditambahnya alokasi beasiswa Bidikmisi sebanyak 50 ribu penerima tahun ini, maka hingga sampai saat ini sudah ada sekitar 142 ribu mahasiswa yang telah mendapatkan beasiswa Bidikmisi. Ia menyebutkan pemerintah akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,4 triliun untuk beasiswa Bidikmisi tahun ini. Beasisiwa ini akan dialokasikan kepada mahasiswa berbagai perguruan tinggi yang tidak mampu tetapi memiliki prestasi akademik. (kemdiknas)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2013. AUBMO - All Rights Reserved
Published by KOMINFO
Proudly powered by AUBMO